Hindari Bahan-bahan Kimia yang ada Pada Produk Skincare

Mungkin saja kalian pernah mendengar tentang semua bahan-bahan kimia yang tersembunyi dan juga risiko pada kesehatan yang akan menyelimuti begitu banyak produk kecantikan dan juga produk perawatan kulit yang ada di pasaran dan juga sudah terjual bebas.

Tetapi apa sebenarnya semua produk itu dan apakah kalian bisa memakai lotion atau krim untuk mata lagi dengan damai, tanpa kalian bertanya-tanya apakah produk tersebut akan meracuni tubuh kalian dengan produk perawatan kulit yang beracun? Jawabannya sudah pasti iya.

Kunci dari perawatan kecantikan yang sehat dan yang alami adalah kalian harus memahami apa yang sebenarnya ada di balik tutupnya tersebut. Meskipun dalam hal itu mungkin membutuhkan sebuah perhatian yang lebih dan juga akan menambah pekerjaan kalian. Namun semua ini yang perlu kalian lakukan untuk melakukan sebuah pencegahan terhadap kemungkinan yang paling buruk yang tidak semua orang inginkan.

Untuk membantu kalian semua memahami bahaya pada bahan kimia yang ada di produk kecantikan berikut ini ada beberapa daftar bahan kimia yang sangat berbahaya jika ada di produk kecantikan.

Paraben 

Paraben adalah bahan kimia yang digunakan untuk pengawet biasanya bahan kimia ini ditemukan dalam segala produk yang ada mulai dari sabun mandi ada juga yang di lotion bahkan hingga pada riasan. Jika ada air di dalam alat kecantikan kalian , mungkin saja ada paraben untuk mencegah pertumbuhan pada bakteri. Contohnya itu methylparaben, propylparaben, isopropylparaben, dan isobutylparaben. Jika ada kata “paraben” yang ada di dalam kata pada komposisi bahan pada kosmetik atau alat kecantikan kalian, harus kalian hindari karena sudah pasti itu berbahaya.

Bahan kimia yang sangat berbahaya ini dikenal sebagai pengganggu endokrin, yang artinya mereka ini meniru estrogen yang ada dalam tubuh dan juga hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan yang ada pada hormon, dan bahkan mungkin bahan kimia ini bisa menyebabkan kanker payudara. Misalnya, ada sebuah penelitian yang terbaru telah menemukan konsentrasi paraben, khususnya itu methylparaben, pada tumor payudara yang dimiliki manusia. Studi lain juga sudah menemukan sekitar 99% dari semua tumor yang ada di payudara kanker ini mengandung paraben.

Fragrance / Parfum Buatan

Hampir setiap produk untuk perawatan kulit dan juga pada kosmetik konvensional bahkan yang tidak menggunakan wewangian sudah pasti akan mengandung pewangi buatan. Produsen yang ada tidak seharusnya untuk mengungkapkan bahwa sebenarnya itu ada di wewangian yang mereka gunakan mereka, jadi kalian hanya akan melihat kandungan nya itu Fragrance atau Parfum saja yang ada di daftar bahan yang sebenarnya bisa untuk jadi campuran karsinogen, alergen, pengganggu endokrin, dan iritan.

Sodium Lauryl Sulfate dan juga Sodium Laureth Sulfate

SLS atau SLES adalah sebuah bahan pembusa yang biasanya digunakan dalam berbagai produk pada perawatan pribadi, termasuk juga pada perawatan kulit kalian dan juga berada di kosmetik, sampo, dan pasta gigi. 

Mereka ini adalah surfaktan yang dapat menyebabkan kulit iritasi atau juga dapat memicu alergi. Selain itu, senyawa pada kimia yang sudah dikenal sebagai “nitrosamin” adalah sebuah produk sampingan yang paling umum dari proses sulfonasi. Sudah sekitar 90% nitrosamin diyakini memiliki sifat karsinogenik.

Toluene 

Toluene adalah bahan kimia yang sangat berbahaya yang biasanya akan kalian temukan pada cat kuku kalian dan juga zat kimia ini ada di pewarna rambut. Toluene adalah pelarut petrokimia yang sangat mudah untuk menguap dan juga yang menjadi racun bagi sistem kekebalan tubuh, dan bahan kimia ini dapat menyebabkan anak yang lahir memiliki cacat tubuh. Jika kalian sedang hamil, kalian harus sangat berhati-hati dan kalian juga harus menghindari cat kuku yang memiliki kandungan toluene.

Phthalates 

Bahan kimia yang sangat berbahaya selanjutnya adalah bahan kimia Phthalate. Bahan kimia phthalates ini merupakan plasticizer yang akan ditambahkan ke plastik agar plastik tersebut tidak rapuh. Phthalate akan digunakan dalam kosmetik yang dijual edaran terutama dalam wewangian, dan juga bahan kimia ini dapat ditemukan dalam produk perawatan pribadi yang lainnya, seperti pada hair spray dan juga pada cat kuku. 

Contoh bahan kimia berbahaya antara lain: DBP, DEHP, DEP dan lainnya yang berbahaya. Seperti bahan kimia paraben, ftalat adalah sebuah bahan kimia yang pengganggu endokrin dan dapat menyebabkan sebuah masalah hormonal dan juga pada reproduksi serta akan mengalami cacat lahir.

Polyethylene Glycol atau PEG

Polyethylene Glycol ini banyak sekali digunakan untuk kosmetik sebagai pengental sebuah tekstur, terutama itu yang ada pada lotion, pada sampo dan juga pada tabir surya. PEG ini sering sekali terkontaminasi dengan etilen oksida hal ini yang menyebabkan kanker dan juga 1,4 dioksan yang menyebabkan terjadinya sebuah masalah pada pernafasan.

Formaldehida 

Formaldehida ini sering kali digunakan untuk sebagai pengawet kosmetik. Ini adalah bahan kimia karsinogen yang sudah diketahui juga terkait dengan asma, neurotoksisitas dan juga toksisitas pada pengembangan. Hal ini dapat kalian temukan pada pengawet seperti quaternium-15, DMDM hydantoin dan juga imidazolidinyl urea.

Oxybenzone 

Tabir surya yang sudah tersedia di toko toko kini sudah dalam dua bentuk yang berbeda, ada yang filter kimia dan juga mineral. Tabir surya yang paling umum yang ada di pasaran menggunakan filter kimiawi seperti bahan kimia oksibenzon. 

Oxybenzone juga sudah dikenal sebagai pengganggu endokrin dan dapat mengubah sebuah fungsi tiroid. Hal ini juga yang terkait dengan alergi yang ada di kulit. Tabir surya yang jenis kimiawi harus kalian dihindari dengan cara apapun, yang paling terutama itu dengan anak-anak! 

Penting juga untuk kalian semua menghindari “O” populer lainnya, termasuk pada bahan kimia octinoxate dan octocrylene, yang sekarang sudah dianggap sangat berbahaya bagi kesehatan manusia dan juga bagi lingkungan. Oxybenzone juga sering ditemukan pada tabir surya, pada lotion SPF, pada lip balm, dan juga riasan. Kalian harus benar benar teliti jika ingin membeli perawatan kulit jangan sampai kalian membahayakan diri sendiri.

Diethanolamine 

Diethanolamine adalah sebuah agen berbusa. Ini adalah karsinogen dan  juga sebuah racun pada pernapasan yang diketahui, itulah sebabnya UE sudah membatasi pada penggunaannya dalam sebuah produk perawatan pribadi. Meskipun sudah dikatakan sebagai bahan kimia yang berbahaya, bahan kimia ini masih sering digunakan dalam mandi busa, sabun mandi, dan sampo yang ada pada AS. perawatan yang mengandung ini sering disingkat DEA pada label kosmetik yang ada.

Jadi kalian harus benar benar berhati hati untuk memilih perawatan diri kalian jangan asal barang ini murah atau barang ini lagi terkenal kalian langsung membeli nya tanpa melihat kandungan nya apa saja, dan tidak semua produk mahal juga aman untuk digunakan. Kunci nya kalian harus teliti dalam memilih produk kecantikan !